EFEKTIVITAS STRATEGI PEMETAAN KARAKTER CERITA DALAM PEMBELAJARAN MENENTUKAN KARAKTER TOKOH DAN STRUKTUR TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
kemampuan membaca pemahaman teks fabel antara peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan strategi Pemetaan Karakter Cerita dan peserta didik yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta; (2) menguji efektivitas strategi Pemetaan Karakter Cerita dalam membaca pemahaman teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Validitas yang digunakan adalah vaiditas isi dan valisitas
konstruk. Uji reliabilitas meggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut reliabel, yaitu diperoleh r = 0,814. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat ditarik simpulan yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman teks fabel antara peserta didik yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman teks fabel dengan menggunakan strategi Pemetaan Karakter Cerita dengan peserta didik yang mendapat
pembelajaran membaca pemahaman teks fabel dengan menggunakan metode konvensional pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta; (2) strategi Pemetaan Karakter Cerita terbukti efektif dalam pembelajaran membaca teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil penghitungan uji-t selisih prates-pascates kelompok eksperimen dan selisih pretes-postes kelompok kontrol dengan nilai sig.(2-tailed) 0,019.
Kata kunci: efektivitas, strategi Pemetaan Karakter Cerita, menentukan
karakter tokoh dan struktur teks fabel
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran
Membaca Berbasis Karakter.
Bandung: PT Refika Aditama
Hernowo. 2009. Mengikat Makna
Update: Membaca dan Menulis
yang Memberdayakan. Bandung:
Kaifa
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra
Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press
Arnum W, Pradhita. 2015.
“Keefektifan Teknik Papan
Cerita dalam Pembelajaran
Memproduksi Teks Fabel pada
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2
Patuk”. Diunduh di
www.eprints.uny.ac.id pada 29
Maret 2017
Prasanty, Arum Berliana. 2013.
“Keefektifan Strategi Pemetaan
Karakter Cerita terhadap
Kemampuan Membaca
Pemahaman Novel Remaja pada
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3
Ngaglik Sleman Yogyakarta”.
Diunduh di
www.eprints.uny.ac.id pada 29
Maret 2017
Radhika, Fikar. 2014. “Keefektifan
Penggunaan Model Example
Non-example dalam
Pembelajaran Menulis Teks
Fabel pada Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 6 Magelang”.
Diunduh di
www.eprints.uny.ac.id pada 29
Maret
Refbacks
- There are currently no refbacks.