PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMODELAN PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan strategi pemodelan, (2) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan strategi pemodelan pada siswa kelas VII C SMP Negeri 15 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 15 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas demokratik, validitas proses, validitas keluaran, validitas dialogik dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan strategi pemodelan dapat meningkatkan hasil kemampuaan menulis teks laporan hasil observasi. Hal ini terlihat dari skor rata-rata kemampuan menulis teks laporan hasil observasi sebelum dikenai tindakan adalah 57,41, kemudian meningkat menjadi 69,50 pada siklus I dan meningkat lagi
menjadi 77,30 pada siklus II. Peningkatan skor rata-rata dari pratindakan ke siklus I sebesar 12,09. Peningkatan siklus I hingga siklus II sebesar
7,80. Peningkatan total skor rata-rata kelas dari pratindakan hingga siklus II sebesar 19,89. (2) Peningkatan proses pembelajaran menggunakan strategi pemodelan dapat dilihat dari antusiasme, perhatian, dan keaktifan siswa sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi
dan terjadi perubahan positif bagi siswa. Oleh karena itu, penggunaan strategi pemodelan dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dapat menjadi lebih menarik dan menyenangkan.
Kata kunci: kemampuan menulis, teks laporan hasil observasi, strategi pemodelan.
Full Text:
PDFReferences
Dahar, R. Wilis. 1996. Teori-
teori Belajar. Jakarta:
PPLPTK Dirjen Dikti
Depdikbud.
Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2013.
Bahasa Indonesia:
Wahana Pengetahuan
(Buku Siswa).
Jakarta: Kementrian
Pendidikan dan
Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2013.
Bahasa Indonesia:
Wahana Pengetahuan
(Buku Guru).
Jakarta: Kementrian
Pendidikan dan
Kebudayaan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.