Keefektifan Model Concept Sentence Dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Muntilan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan menulis teks berita antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan model concept sentence dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan model konvensional. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan model concept sentence dalam pembelajaran menulis teks berita siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Muntilan. Model concept sentence merupakan model pembelajaran yang kooperatif. Pembelajaran dilakukan dengan memberikan kartu- kartu yang berisi kata kunci.
Penelitian eksperimen ini menggunakan desain penelitian Pretest- Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini adalah varibel bebas yang berupa model concept sentence dan variabel terikat yang berupa kemampuan siswa menulis teks berita. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muntilan yang terdiri atas enam kelas. Sampel penelitian adalah siswa VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan tes awal dan tes akhir. Validitas instrumen yang dilakukan adalah validitas isi oleh ahli (expert judgement). Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dengan bantuan program komputer SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik dua kesimpulan. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menulis teks berita menggunakan model concept sentence
dan siswa yang mendapat pembelajaran menulis teks berita menggunakan model konvensional. Perbedaan tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t skor postes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Berdasarkan penghitungan tersebut diperoleh
nilai t sebesar -5,528 dengan df 58 dan p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000>0,05). Kedua, model concept sentence efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muntilan, hal ini ditunjukkan oleh hasil uji-t skor pretes dan postes kelompok eksperimen serta nilai gain score kedua kelompok tersebut. Diperoleh nilai t sebesar -51,766 dengan df 29 dan p sebesar 0,000 pada taraf kesalahan 0,05 (5%). Nilai p lebih kecil dari taraf kesalahan 0,05 (0,000<0,05). Selanjutnya, gain score kelompok
eksperimen sebesar 5,17 sedangkan kelompok kontrol sebesar 4,15.
Kata kunci : keefektifan, model concept sentence, menulis teks berita
Full Text:
PDFReferences
Dalman. 2015. Keterampilan
Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Huda, Miftahul. 2013. Model-
Model Pengajaran dan
Pembelajaran. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Kiranawati. 2007. Model
Pembelajaran Consept Sentence.
http://gurupkn.wordpress.com.
Diunduh pada tanggal 20
Desember 2016.
Nurhadi, Agus Gerrad Senduk.
Pembelajaran
Kontekstual (Contextual
Teaching and Learning/
CTL) Dan Penerapannya
Dalam KBK. Malang:
Universitas Negeri
Malang.235
Refbacks
- There are currently no refbacks.