PENGARUH MOTIVASI, KETERSEDIAAN BACAAN DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS FIKSI SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

HANIFAH SAWITRI,

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh: (1) motivasi terhadap kemampuan menulis fiksi, (2) ketersediaan bacaan terhadap kemampuan menulis fiksi, (3) kebiasaan membaca terhadap kemampuan menulis fiksi, (4) efektivias model pengujian motivasi, ketersediaan bacaan dan kebiasaan membaca untuk memrediksi kemampuan menulis fiksi. Penelitian ini  merupakan penelitian korelatif, metode Expost facto bentuk kausal komparatif. Sampel adalah siswa
kelas VII A,B,C,D,F. Instrumen menggunakan angket dan tes kinerja. Analisis data menggunakan korelasi  product moment. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi dengan kemampuan menulis fiksi, nilai signifikansi 5% (0,053 > 0,05). Kedua, tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara ketersediaan bacaan dengan kemampuan menulis fiksi,  nilai signifikansi 5%   (0,990
< 0,05). Ketiga, tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis fiksi, nilai signifikansi5% (0,131 < 0,05). Keempat, tidak terdapat efektivitas
model pengujian variabel motivasi, ketersediaan bacaan, dan kebiasaan membaca untuk memrediksi kemampuan menulis fiksi, R  square 3,4%. Sisanya 96,6% tidak dapat dijelaskan, model dipengaruhi oleh variabel lain.
 
 
Kata kunci: pengaruh, motivasi, ketersediaan bacaan, kebiasaan membaca, menulis fiksi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012.

Pembelajaran Bahasa

Berbasis Pendidikan Karakter.

Bandung: Refika Aditama.

„Azizah, Mar Atul. 2015. Pengaruh

Minat Baca, Kebiasaan

Membaca Karya Sastra,

dan Pemahaman Puisi

terhadap Kemampuan

Menulis Puisi Siswa Kelas

VII SMP. Skripsi: Program

Studi Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia,

Fakultas Bahasa dan Seni

UNY.

Fitriyadi, Rizky. 2014. Pengaruh

Penguasaan kosakata dan

Tata Bahasa Indonesia

Terhadap Kemampuan

Menulis Eksposisi Siswa

kelas X SMAN Se Kota

Yogyakarta. Skripsi:

Program Studi Pendidikan

Bahasa dan Sastra

Indonesia, Fakultas Bahasa

dan Seni UNY. Diakses

dari www.digilib.uny.ac.id

pada 24 Februari 2017.

Munirah dan Hardian. 2016.

Pengaruh Kemampuan

Kosakata dan Struktur

Kalimat terhadap

Kemampuan Menulis

Paragraf Deskripsi Siswa

SMA. E-Jurnal UPI.

Volume 16 Nomor 1,

Diunduh dari

www.ejournal.upi.edu

pada 2

Februari 2017.

Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Teori

Pengkajian Fiksi.

Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Sardiman. 2007. Interaksi dan

Motivasi Belajar

Mengajar. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Susanti, Mira. 2013. “Hubungan

Minat Baca dengan

Kemampuan Menulis

Berita Siswa Kelas X SMK

Padang”. E-Jurnal

Universitas Bung Hatta.

(6). . Diunduh dari

www.ejurnal.bunghatta.ac.i

d pada 24 Februari 2017.

Yuniarti, Rohmah Dwi. 2014.

Pengaruh Sikap dan

Gender terhadap Prestasi

Belajar Bahasa Indonesia

pada Siswa SMP Negeri

Kelas VII di Kecamatan

Sleman Yogyakarta

/2014. E-Jurnal UNY.

Pendidikan Bahasa dan

Sastra Indonesia- SI.

Volume 3 Nomor

, 2014. Diunduh

dari

www.journal.student.uny.a

c.id pada 24 Februari 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.