PENGARUH MOTIVASI, KETERSEDIAAN BACAAN DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS FIKSI SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh: (1) motivasi terhadap kemampuan menulis fiksi, (2) ketersediaan bacaan terhadap kemampuan menulis fiksi, (3) kebiasaan membaca terhadap kemampuan menulis fiksi, (4) efektivias model pengujian motivasi, ketersediaan bacaan dan kebiasaan membaca untuk memrediksi kemampuan menulis fiksi. Penelitian ini merupakan penelitian korelatif, metode Expost facto bentuk kausal komparatif. Sampel adalah siswa
kelas VII A,B,C,D,F. Instrumen menggunakan angket dan tes kinerja. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi dengan kemampuan menulis fiksi, nilai signifikansi 5% (0,053 > 0,05). Kedua, tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara ketersediaan bacaan dengan kemampuan menulis fiksi, nilai signifikansi 5% (0,990
< 0,05). Ketiga, tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis fiksi, nilai signifikansi5% (0,131 < 0,05). Keempat, tidak terdapat efektivitas
model pengujian variabel motivasi, ketersediaan bacaan, dan kebiasaan membaca untuk memrediksi kemampuan menulis fiksi, R square 3,4%. Sisanya 96,6% tidak dapat dijelaskan, model dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci: pengaruh, motivasi, ketersediaan bacaan, kebiasaan membaca, menulis fiksi
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2012.
Pembelajaran Bahasa
Berbasis Pendidikan Karakter.
Bandung: Refika Aditama.
„Azizah, Mar Atul. 2015. Pengaruh
Minat Baca, Kebiasaan
Membaca Karya Sastra,
dan Pemahaman Puisi
terhadap Kemampuan
Menulis Puisi Siswa Kelas
VII SMP. Skripsi: Program
Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia,
Fakultas Bahasa dan Seni
UNY.
Fitriyadi, Rizky. 2014. Pengaruh
Penguasaan kosakata dan
Tata Bahasa Indonesia
Terhadap Kemampuan
Menulis Eksposisi Siswa
kelas X SMAN Se Kota
Yogyakarta. Skripsi:
Program Studi Pendidikan
Bahasa dan Sastra
Indonesia, Fakultas Bahasa
dan Seni UNY. Diakses
dari www.digilib.uny.ac.id
pada 24 Februari 2017.
Munirah dan Hardian. 2016.
Pengaruh Kemampuan
Kosakata dan Struktur
Kalimat terhadap
Kemampuan Menulis
Paragraf Deskripsi Siswa
SMA. E-Jurnal UPI.
Volume 16 Nomor 1,
Diunduh dari
www.ejournal.upi.edu
pada 2
Februari 2017.
Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Teori
Pengkajian Fiksi.
Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Sardiman. 2007. Interaksi dan
Motivasi Belajar
Mengajar. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Susanti, Mira. 2013. “Hubungan
Minat Baca dengan
Kemampuan Menulis
Berita Siswa Kelas X SMK
Padang”. E-Jurnal
Universitas Bung Hatta.
(6). . Diunduh dari
www.ejurnal.bunghatta.ac.i
d pada 24 Februari 2017.
Yuniarti, Rohmah Dwi. 2014.
Pengaruh Sikap dan
Gender terhadap Prestasi
Belajar Bahasa Indonesia
pada Siswa SMP Negeri
Kelas VII di Kecamatan
Sleman Yogyakarta
/2014. E-Jurnal UNY.
Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia- SI.
Volume 3 Nomor
, 2014. Diunduh
dari
www.journal.student.uny.a
c.id pada 24 Februari 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.