HUBUNGAN ANTARA SKEMATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALASAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) skemata siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan terkait teks eksposisi, (2) kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan, (3) hubungan antara skemata dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan.
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan dengan jumlah 224 siswa. Sampel penelitian sejumlah 112 siswa yang ditentukan dengan teknik clusterrandom sampling.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis bentuk esai. Instrumen yang digunakan berupa tes skemata dan tes kemampuan menulis teks eksposisi. Uji instrumen dilakukan dengan telaah ahli dan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product
moment dengan bantuan program IBM SPSS 21.
Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ada tiga. Pertama, data variabel skemata menunjukkan bahwa 22 siswa (19,6%) memiliki skemata berkategori tinggi, 71 siswa (63,4%) memiliki skemata berkategori sedang, dan 19 siswa (17%) memiliki skemata berkategori rendah. Secara keseluruhan, rerata skor skemata siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan terkait teks eksposisi berada pada kategori sedang. Kedua, data variabel kemampuan menulis teks eksposisi menunjukkan bahwa 24 siswa (21,4%) memiliki kemampuan menulis teks eksposisi berkategori tinggi, 67 siswa (59,8%) memiliki kemampuan menulis teks
eksposisi berkategori sedang, dan 21 siswa (18,8%) memiliki kemampuan menulis teks eksposisi berkategori rendah. Secara keseluruhan, rerata skor kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan berada pada kategori sedang. Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara skemata dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan dengan nilai rhitung lebih besar daripada rtabel (0,740 > 0,219) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,01. Berdasarkan interpretasi nilai
r, nilai tersebut termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini ditandai dengan selisih antara rhitung dengan rtabel sebesar 0,521. Jadi, skemata memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan menulis teks eksposisi.
Kata kunci: skemata, menulis, teks eksposisi, menulis teks eksposisi.
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah, S., Arsjad, Maidar G., dan
Ridwan, Sakura H., dan. 1994.
Pembinaan Kemampuan Menulis
Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Bahasa Indonesia Kelas X.
Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Keraf, Gorys. 1995. Eksposisi. Jakarta:
Grasindo.
Kucer, Stephen L. 1985. “The Making of
Meaning: Reading and Writing as
Parallel Processes”. Written
Communication. Vol. 2 No. 3, July.
Sage Publication, Inc
Marwoto, dkk. 2012. Komposisi Praktis.
Yogyakarta: Penerbit Handinita.
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Statistik
Terapan: untuk Penelitian Ilmu-ilmu
Sosial.Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
__________________. 2013. Penilaian
Pembelajaran Bahasa Berbasis
Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Putra, Erik Purnama. 2008. “Gerakan
Menggiatkan Budaya Literal”.
Media Indonesia. 31 Mei, hlm. 6.
Rico, Lenny Johana Alvarado. 2014.
“Identifying Factors Causing
Difficulties toProductive Skills
Among Foreign Languages
Learners”. Opening WritingDoors.
Volume 1, Nomor 11, Januari-Juni.
Rofi’uddin, Ahmad & Zuchdi, Darmiyati.
(1999). Pendidikan Bahasa
DanSastra Indonesia Di Kelas
Tinggi. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional Direktorat
Jenderal Pendidikan Tinggi.
Slavin, Robert E. 2006. Educational
Psychology, Theory, and Practice.
USA: Pearson Education Inc.
Sumarto, Hadi. 2013. “Efektivitas
Pengetahuan Awal (Prior
Knowledge) dalam Pengajaran
Membaca (Reading) Bahasa
Inggris”. Pena Jurnal Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi.
Volume 25, Nomor 2, September.
Sun, Fushan. 2014. “The Application of
Schema Theory in Teaching College
English Writing”. Theory and
Practice in Language Studies. Vol.
, No. 7, pp. 1476-1482, July.
Qingdao University of Science and
Technology, Qingdao, China.
Umar, Husein. 2007. Metode Penelitian
untuk Skripsi dan Tesis Bisnis.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.