UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF PUISI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, VISUAL, AUDITORI, DAN INTELEKTUAL) PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 2 SANDEN BANTUL

Dita Pramita Dewi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis kreatif puisi dengan menggunakan pendekatan SAVI (somatis, visual, auditori, dan intelektual) pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Sanden.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Sanden yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis kreatif puisi. Penelitian dilakukan dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dan evaluasi. Data diperoleh dari observasi,
wawancara, tes, analisis dokumen, catatan lapangan, dokumentasi foto, dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan tindakan ditentukan oleh peningkatan proses dan produk.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut.  Pertama, peningkatan proses tampak melalui hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa selama dilakukan penelitian tindakan, keaktifan, keseriusan, dan antusias peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran menulis puisi meningkat secara bertahap dari pratindakan, siklus  I, dan siklus  II. Kedua, peningkatan produk dengan pendekatan SAVI dalam menulis kreatif puisi dapat dilihat dari karya peserta didik. Pada pratindakan, rata-rata nilai peserta didik sebesar 55,41 dengan keterangan belum ada peserta didik yang tuntas. Pada siklus  I, nilai rata-rata peserta didik
naik menjadi 68,98 dengan peserta didik tuntas sebanyak 9 orang. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata nilai peserta didik naik  menjadi 79,80 dengan ketuntasan 100% atau 28 siswa.

Kata kunci: peningkatan, kemapuan menulis puisi, pendekatan SAVI.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran

Bahasa Berbasis Pendidikan

Karakter. Bandung: Refika

Aditama

Akhadiah, Sabarti, dkk. 196. Menulis.

Jakarta: Departemen Pendidikan

dan Kebudayaan.

Artanti, Putri Aprilia. 2012. “Upaya

Peninkatan Keterampilan

Menulis Puisi dengan

Menggunakan Strategi Tulis

Kini, pada Siswa Kelas VII B

SMP N 1 Sayegan Sleman”.

Skripsi. Yogyakarta: FBS UNY.

Hamid, Moh Sholeh. 2011. Metode

Edutainment. Yogyakarta: Diva Press.

Madya, Suwarsih. 2011. Penelitian

Tindakan (Action Research)

Teori dan Praktik. Bandung:

Penerbit Alfabeta.

Meier, Dave. 2002. The Accelerated

Learning Handbook-Panduan

Kreatif dan Efektif Merancang

Program Pendidikan dan

Pelatihan (Rahmani Asturi.

Terjemahan). Bandung: Kaifa.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori

Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra

Anak: Pengantar Pemahaman

Dunia Anak. Yogyakarta:

Gadjah Mada Univrsity Press.

. 2010. Penilaian

Pembelajaran Bahasa Berbasis

Kompetensi. Yogyakarta: BFE.

Pradopo, Rahmat Djoko. 2002.

Pengkajian Puisi. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

Sayuti, Suminto A. 1985. Puisi dan

Pengajarannya. Semarang: IKIP

Semarang Press.

. 2000. Semerbak

Sajak. Yogyakarta: Gama

Media.

. 2008. Berkenalan

dengan Puisi. Yogyakarta: Gama

Media.

Sulistyorini, Dwi. 2010. “Peningkatan

Keterampilan Menulis Puisi

dengan Media Gambar pada

Siswa Kelas V SDN Sawoajajar

V Kota Malang”. Jurnal TEQIP,

Tahun, Jilid 1 Nomor 1, hlm 12-

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative

Learnig Teori dan Aplikasi

PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Supriyadi. 2008. Mengatasi Kesulitan

Menulis Puisi pada Siswa

Sekolah Dasar dengan

Pendekatan SAVI. Jurnal

ARIKULASI. Malang: UMM.

Supriyadi. 2012. Penilaian

Pembelajaran Bahasa Berbasis

Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis

Sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.