KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain
penelitian pretest-posttest dan control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling.
Validitas yang dilakukan adalah validitas isi dengan expert judgement dan reliabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal alpha cronbach.
Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes menulis teks berita. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor pascates antara
kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung sebesar 6,278 pada taraf signifikansi 5% dengan db 54 dan p sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan ada perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan model pembelajaran problem based instruction dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan metode konvensional. Setelah dilakukan uji prates dan pascates masing-masing kelompok, terlihat bahwa thitung kelompok eksperimen
sebesar 7,421 pada taraf signifikansi 5% dengan db 27 dan nilai p sebesar 0,000.
Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based instruction efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa. Hasil perhitungan gain score menunjukan kelompok eksperimen sebesar 11,43 dan kelompok kontrol sebesar 10,18.
Kata kunci: problem based instruction, menulis, teks berita.
Full Text:
PDFReferences
Cruickshank, Brandon J. and
Julie Olander. 2002.
Journal of College
Science Teaching:
Can Problem Based-
Instruction Stimulate
Higher Order
Thinking?.
www.nsta.org/publica
tions/news/story.aspx?
id=46688. Diunduh
pada tanggal 16
Februari 2016.
Darmadi, Kaswan. 1996.
Meningkatkan
Kemampuan Menulis:
Panduan untuk
Mahasiswa dan Calon
Mahasiswa.
Yogyakarta: Andi.
Suryaman, Maman. 2012.
Metodologi
Pembelajaran
Bahasa. Yogyakarta:
UNY Press.
Tarigan, Henry Guntur. 2008.
Menulis Sebagai Suatu
Keterampilan Bahasa.
Bandung: Angkasa.
Trianto. 2009. Mendesain Model
Pembelajaran
Inovatif-Progresif.
Jakarta: Kencana.
Warsono dan Hariyanto. 2013.
Pembelajaran Aktif
Teori dan Assesmen.
Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Wirajaya, Asep Yudha dan
Sudarmawati. 2008.
Berbahasa dan
Bersastra Indonesia:
untuk SMP/MTs Kelas
VIII. Jakarta: Pusat
Perbukuan,
Departemen
Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.