Analisis Materi Tata Bahasa pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia dan Pembelajarannya
Abstract
pembelajaran materi tata bahasa pada buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VIII (2) mendeskripsikan cakupan materi tata bahasa pada buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VIII.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VIII berjudul Berbahasa dan Bersastra Indonesia yang diambil dari http//:bse.kemendikbud.go.id dan proses pembelajaran materi tata bahasa di kelas. Buku tersebut merupakan buku pelajaran yang digunakan di MTs N Godean. Data diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat serta mengamati proses
belajar mengajar di kelas. Keabsahan data diperoleh dengan meningkatkan ketekunan
dan trianggulasi data. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil analisis data kemudian disimpulkan sesuai permasalahan penelitian.
Penelitian ini menghasilkan dua simpulan. Pertama, model penyampaian materi tata bahasa menggunakan pendekatan induktif dan deduktif. Kedua pendekatan tersebut sama-sama digunakan dalam materi morfologi dan sintaksis. Materi tata bahasa yang menggunakan pendekatan induktif adalah materi yang merupakan informasi lama bagi
siswa. Materi tata bahasa yang menggunakan pendekatan deduktif adalah materi yang merupakan informasi baru bagi siswa. Kedua, cakupan materi tata bahasa yang terdapat dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VIII adalah materi morfologi dan sintaksis. Materi morfologi berupa afiksasi dan reduplikasi sedangkan materi sintaksis berupa kata, klausa dan kalimat majemuk.
Kata kunci : pembelajaran tata bahasa, buku pelajaran SMP
Full Text:
PDFReferences
Balai Bahasa. 2015. Manfaat
Tata Bahasa dalam Pendidikan.
Diakses dari
http://www.balaibahasa.com
pada Desember 2015.
Ghazali, Syukur. 2010.
Pembelajaran
Keterampilan
Berbahasa
Dengan Pendekatan
Komunikatif-Interaktif.
Bandung: PT Refika
Aditama.
Maryanto.2008.”Bahasa
Indonesia Lokal Dan
Bahasa Lintas-Kurikulum:
Pendidikan Untuk Semua”.
Makalah disajikan dalam
Seminar Nasional Bahasa
Dan Sastra Indonesia XVI
pada 16-18 Mei 2008 di
Yogyakarta.
Muslich, Mansur. 2010. Garis-
Garis Besar Tata Bahasa Baku
Bahasa Indonesia.
Bandung: PT Refika
Aditama.
Nurhadi. 1995. Tata Bahasa
Pendidikan Landasan
Penyusunan Buku
Pelajaran Bahasa.
Semarang: IKIP Semarang
Press.
Pratiwi, Yuni. 2009. Beberapa
Perspektif Teori
Penyusunan Bahan Ajar
Keterampilan Berbahasa
Indonesia. Diksi. Volume
Nomor 2. Juli 2009.
Suryaman, Maman. 2008.
“Pengembangan Model
Buku Pelajaran Bahasa
Indonesia Berbasis
Pembelajaran Kontekstual”
dalamDiksi. Volume 15
Nomor 1. Januari 2008.
Refbacks
- There are currently no refbacks.