PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS VII DAN VIII PROGRAM LEADER CLASS (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 CILACAP)
Abstract
pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis di kelas VII dan VIII Leader Class berjalan dengan baik. Tujuan pembelajaran yang terdapat dalam RPP diaplikasikan secara nyata dalam
kegiatan pembelajaran. Materi pembelajaran menulis di kelas VII dan VIII Leader Class diperoleh dari buku ajar. Metode pembelajaran yang sering diterapkan dalam pembelajaran menulis di kelas VII dan VIII Leader Class, yaitu metode diskusi, pemodelan, dan ceramah.
Media yang digunakan dalam pembelajaran di kelas VII Leader Class yaitu media cetak, visual, dan audio-visual. Media yang digunakan di kelas VIII Leader Class, yaitu media cetak. Evaluasi pembelajaran di kelas VII dan VIII Leader Class menggunakan teknik tes dan nontes.
Kata kunci: pelaksanaan pembelajaran menulis, program Leader Class
Full Text:
PDFReferences
Jaringan Komunikasi dan Informasi
Hukum, Bagian Hukum Setda
Cilacap. 2011. Peraturan Bupati
Cilacap Nomor 76 Tahun 2011
tentang Pedoman Pelaksaan
Gerakan Bangga Mbangun Desa.
Sumber:
http://hukum.cilacapkab.go.id.
Diunduh pada tanggal 23 April
Pelaksanaan Pembelajaran Menulis... (Ika) 178
Jauhari, Heri. 2013. Terampil Mengarang.
Bandung: Nuansa Cendekia.
Kementrian Agama Republik Indonesia.
Undang-undang Nomor 20
Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Sumber:
http://kemenag.go.id. Diunduh
Pada tanggal 2 Maret 2016.
Syamsi, Kastam. Model Perangkat
Pembelajaran Menulis Berdasarkan
Pendekatan Proses Genre bagi
Siswa SMP. Oktober 2012. Litera.
Vol 11, 2, hlm 289.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis
Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa: Edisi Revisi. Bandung:
Angkasa.
Yunindasari, Harda. 2013. Pelaksanaan
Pembelajaran Keterampilan
Menulis Kelas VIII SMP Negeri 8
Yogyakarta. Diunduh di
http://eprints.uny.ac.id pada tanggal
Maret 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.