PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS VII DAN VIII PROGRAM LEADER CLASS (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 CILACAP)

IKA RAHMAWATI DEWI,

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis di kelas VII dan VIII Program Leader Class SMP Negeri 1 Cilacap. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis melalui beberapa tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan
pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis di kelas VII dan VIII Leader Class berjalan dengan baik. Tujuan pembelajaran yang terdapat dalam RPP diaplikasikan secara nyata dalam
kegiatan pembelajaran. Materi pembelajaran menulis di kelas VII dan VIII  Leader Class diperoleh dari buku ajar. Metode pembelajaran yang sering diterapkan dalam pembelajaran menulis di kelas VII dan VIII Leader Class, yaitu metode diskusi, pemodelan, dan ceramah.
Media yang digunakan dalam pembelajaran di kelas  VII  Leader Class  yaitu media cetak, visual, dan audio-visual. Media yang digunakan di kelas VIII  Leader Class, yaitu media cetak. Evaluasi pembelajaran di kelas VII dan VIII Leader Class menggunakan teknik tes dan nontes.
 
Kata kunci: pelaksanaan pembelajaran menulis, program Leader Class

Full Text:

PDF

References


Jaringan Komunikasi dan Informasi

Hukum, Bagian Hukum Setda

Cilacap. 2011. Peraturan Bupati

Cilacap Nomor 76 Tahun 2011

tentang Pedoman Pelaksaan

Gerakan Bangga Mbangun Desa.

Sumber:

http://hukum.cilacapkab.go.id.

Diunduh pada tanggal 23 April

Pelaksanaan Pembelajaran Menulis... (Ika) 178

Jauhari, Heri. 2013. Terampil Mengarang.

Bandung: Nuansa Cendekia.

Kementrian Agama Republik Indonesia.

Undang-undang Nomor 20

Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Sumber:

http://kemenag.go.id. Diunduh

Pada tanggal 2 Maret 2016.

Syamsi, Kastam. Model Perangkat

Pembelajaran Menulis Berdasarkan

Pendekatan Proses Genre bagi

Siswa SMP. Oktober 2012. Litera.

Vol 11, 2, hlm 289.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis

Sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa: Edisi Revisi. Bandung:

Angkasa.

Yunindasari, Harda. 2013. Pelaksanaan

Pembelajaran Keterampilan

Menulis Kelas VIII SMP Negeri 8

Yogyakarta. Diunduh di

http://eprints.uny.ac.id pada tanggal

Maret 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.