EFEKTIVITAS STRATEGI WRITING WORKSHOP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI GODEAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui perbedaan keterampilan menulis deskripsi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi writing workshop dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi writing workshop. (2)
mengetahui keefektifan strategi writing workshop dalam pembelajaran menulis deskripsi.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis deskripsi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi writing workshop dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi writing workshop pada siswa kelas VII MTs Negeri Godean. Hasil uji-t postes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh t sebesar 6,666 dan nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari 0,05. (2) strategi writing workshop
efektif digunakan dalam pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas VII MTs Negeri Godean. Hasil uji-t pretes dan postes kelompok eksperimen yang menunjukan nilai t sebesar - 8,221 dan nilai p sebesar 0,000.
Kata kunci: strategi writing workshop, menulis deskripsi
mengetahui keefektifan strategi writing workshop dalam pembelajaran menulis deskripsi.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis deskripsi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi writing workshop dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi writing workshop pada siswa kelas VII MTs Negeri Godean. Hasil uji-t postes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh t sebesar 6,666 dan nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari 0,05. (2) strategi writing workshop
efektif digunakan dalam pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas VII MTs Negeri Godean. Hasil uji-t pretes dan postes kelompok eksperimen yang menunjukan nilai t sebesar - 8,221 dan nilai p sebesar 0,000.
Kata kunci: strategi writing workshop, menulis deskripsi
Full Text:
PDFReferences
Ruddell, Marta Rapp. 2005. Teaching
Content Reading And Writing.
Hoboken, NJ: John Wiley & Sons,
Inc.
Rosyidi, Unifah. 2014. Materi Pelatihan
Guru Implementasi Kurikulum 2013
Tahun 2014 Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia SMA/SMK. Jakarta:
Badan Pengembangan Sumber
Daya Manusia Pendidikan dan
Refbacks
- There are currently no refbacks.