PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 MUNTILAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa melalui model pembelajaran Group Investigation (GI). Peningkatan keterampilan diskusi siswa dapat dilihat secara proses maupun produk saat melakukan pembelajaran dengan model Group Investigation (GI). Keunggulan dengan menggunakan model pembelajaran Group
Investigation (GI) adalah siswa dapat selalu aktif dalam kelompoknya, siswa menjadi sangat berperan dalam kelompok, dan siswa bebas mengutarakan gagasan dan ide-idenya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Muntilan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIIIA yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian dilakukan secara kolaboratif
antara peneliti dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengambilan data dilakukan melalui catatan lapangan (field notes), tes, angket, pengamatan, dan wawancara. Validitas dilakukan dengan menggunakan validitas demokratik dan proses. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Group Investigation (GI) dapat meningkatan keterampilan siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Muntilan dalam berdiskusi. Peningkatan keterampilan berdiskusi siswa dapat dilihat dari proses pembelajaran yang menunjukkan siswa selalu aktif dalam kelompoknya, siswa sangat berperan dalam kelompok, dan siswa dapat bebas mengutarakan gagasan dan ide-idenya. Peningkatan secara produk dapat terlihat dari skor keterampilan diskusi siswa pada pratindakan sebesar 15,87 meningkat pada siklus I menjadi 24,62, meningkat
kembali pada siklus II menjadi 31,53. Peningkatan rata-rata skor keterampilan diskusi siswa dari pratindakan hingga siklus II adalah sebesar 15,66.
Kata kunci: peningkatan, keterampilan berdiskusi, Group Investigation (GI).
Investigation (GI) adalah siswa dapat selalu aktif dalam kelompoknya, siswa menjadi sangat berperan dalam kelompok, dan siswa bebas mengutarakan gagasan dan ide-idenya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Muntilan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIIIA yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian dilakukan secara kolaboratif
antara peneliti dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengambilan data dilakukan melalui catatan lapangan (field notes), tes, angket, pengamatan, dan wawancara. Validitas dilakukan dengan menggunakan validitas demokratik dan proses. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Group Investigation (GI) dapat meningkatan keterampilan siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Muntilan dalam berdiskusi. Peningkatan keterampilan berdiskusi siswa dapat dilihat dari proses pembelajaran yang menunjukkan siswa selalu aktif dalam kelompoknya, siswa sangat berperan dalam kelompok, dan siswa dapat bebas mengutarakan gagasan dan ide-idenya. Peningkatan secara produk dapat terlihat dari skor keterampilan diskusi siswa pada pratindakan sebesar 15,87 meningkat pada siklus I menjadi 24,62, meningkat
kembali pada siklus II menjadi 31,53. Peningkatan rata-rata skor keterampilan diskusi siswa dari pratindakan hingga siklus II adalah sebesar 15,66.
Kata kunci: peningkatan, keterampilan berdiskusi, Group Investigation (GI).
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arsjad, Maidar. dan Mukti. 1988. Pembinaan dan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Maman, Mayong. 2012. “Peningkatan Kompetensi Berwacana Lisan dengan
Metode Investigasi Kelompok”. LITERA, 11, I, hlm 110-123.
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta:
BPFE.
Sharan and Sharon. 1989. “Group Investigation Expands Cooperative Learning”. ProQuest Professional Education, hlm 17.
Refbacks
- There are currently no refbacks.