PENGEMBANGAN BUKU AJAR MEMAHAMI TEKS-TEKS PEMBELAJARAN KELAS X SMA/MA BERDASARKAN STRATEGI K-W-L-A (KNOW-WANT TO LEARN-LEARNED-AFFECT)

Kholifah Nur Kholifah,

Abstract



Salah satu upaya untuk mempermudah siswa dalam memahami teks
pembelajaran adalah dengan melakukan inovasi terhadap buku ajar sebagai buku
pengayaan siswa. Buku ajar yang menampilkan kompetensi tertentu dengan
menggunakan strategi tertentu sangat jarang ditemukan. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar memahami isi teks-teks
pembelajaran kelas X SMA/MA dengan menggunakan strategi K-W-L-A. Teks-teks
tersebut yaitu  teks  laporan hasil observasi, teks prosedur kompleks,  teks eksposisi,
teks anekdot, dan teks negosiasi.
Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada 10 tahapan yang
diperkenalkan oleh Borg dan Gall. Tahapan tersebut kemudian disesuaikan menjadi
(1) observasi dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan, (4)
penilaian produk I oleh dosen ahli, (5) perbaikan dan penyempurnaan produk I, (6)
penilaian produk II oleh guru, (7) penyempurnaan produk II, dan (8) penyebarluasan
terbatas pada siswa. Data diperoleh melalui wawancara kepada guru, penyebaran
angket terkait manfaat buku teks pelajaran Kurikulum 2013 bagi guru dan siswa,
validasi produk oleh dosen ahli dan guru, serta uji coba terbatas siswa. Teknik
analisis data dilakukan dengan mengubah data kualitatif menjadi  data kuantitatif,
tabulasi semua data yang diperoleh pada setiap aspek, menghitung skor rata-rata,
dan mengubah skor rata-rata menjadi kategori.
Hasil penelitian ini berupa buku ajar  Cara Mudah Memahami Isi Berbagai
Teks dengan Strategi K-W-L-A untuk Kelas X SMA/MA yang terdiri atas tiga bagian.
(1) Bagian pendahuluan, berisi  sampul, kata pengantar, daftar isi, KI-KD yang
digunakan, pengenalan strategi  K-W-L-A. (2) Bagian isi, terdiri  dari lima unit
pelajaran yang di dalamnya terdapat  pengenalan mengenai teks dan kegiatan
memahami isi teks dengan menggunakan strategi  K-W-L-A  secara kelompok dan
secara mandiri, serta evaluasi di akhir bab. (3) Bagian tambahan, berupa glosarium,
kunci jawaban, dan daftar pustaka.  Buku ajar dinilai kelayakannya berdasarkan
aspek isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. Hasil validasi dosen ahli, guru, dan
respon siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan termasuk dalam
kategori layak digunakan. Rata-rata yang diperoleh pada aspek isi adalah 3,33;
aspek penyajian memperoleh  skor rata-rata 3,58; aspek bahasa memperoleh skor
rata-rata 3,67; dan aspek kegrafikan memperoleh skor rata-rata 3,56.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.