PERTANYAAN PESERTA PPG DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP PADA PLATFORM YOUTUBE
Teguh Setiawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Pertanyaan adalah hal mendasar untuk ilmu pengetahuan dan penyelidikan ilmiah. Mengajukan pertanyaan merupakan strategi yang sangat efektif diterapkan dalam proses pembelajaran untuk merangsang kemampuan bepikir peserta didik. Kalimat pertanyaan yang diutarakan pengajar tentu memiliki bentuk dan jenis kalimat pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pertanyaan yang ditinjau dari jenis pertanyaan, level kognitif pertanyaan, dan fungsi pertanyaan. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menyimak dan mencatat pada sumber data. Sumber data dalam penelitian ini berupa video proses pembelajaran yang dilakukan oleh calon guru Bahasa Indonesia yang mengikuti program PPG tahun 2022 di SMP sederajat dan diunggah melalui platform youtube sejumlah sepuluh video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 102 pertanyaan yang tersebar tidak merata. Terdapat dua jenis pertanyaan yakni pertanyaan konvergen sebanyak 56 dan pertanyaan divergen sebanyak 46 pertanyaan. Tingkat kognitif pertanyaan yang mendominasi pada pemahaman (C2) sebanyak 60 pertanyaan, jumlah tersebut jauh lebih besar dibandingkan tingkat kognitif lainnya. Fungsi pertanyaan paling banyak ditemukan pada memeriksa pemahaman (F9) sebanyak 19 pertanyaan. Perbedaan hasil fungsi pertanyaan bergantung pada konteks interaksi dalam tahapan pembelajaran.
Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pertanyaan, Peserta PPG, Youtube.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.