PERTANYAAN PESERTA PPG DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP PADA PLATFORM YOUTUBE

Khotimatus Saadah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Teguh Setiawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pertanyaan adalah hal mendasar untuk ilmu pengetahuan dan penyelidikan ilmiah. Mengajukan pertanyaan merupakan  strategi  yang  sangat  efektif  diterapkan  dalam  proses  pembelajaran  untuk merangsang  kemampuan  bepikir  peserta  didik.  Kalimat  pertanyaan  yang  diutarakan  pengajar  tentu memiliki bentuk dan jenis kalimat pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pertanyaan yang ditinjau   dari  jenis   pertanyaan,   level   kognitif   pertanyaan,   dan  fungsi   pertanyaan.   Penelitian  ini menggunakan metode deksriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menyimak dan mencatat pada sumber data. Sumber data dalam penelitian ini berupa video proses pembelajaran yang dilakukan oleh calon guru Bahasa Indonesia yang mengikuti program PPG tahun 2022 di SMP sederajat dan diunggah melalui platform youtube sejumlah sepuluh video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 102 pertanyaan  yang  tersebar  tidak  merata.  Terdapat  dua  jenis  pertanyaan  yakni  pertanyaan  konvergen sebanyak 56 dan pertanyaan divergen sebanyak 46 pertanyaan. Tingkat kognitif pertanyaan yang mendominasi pada pemahaman (C2) sebanyak 60 pertanyaan,   jumlah tersebut jauh lebih besar dibandingkan tingkat kognitif lainnya. Fungsi pertanyaan paling banyak ditemukan pada memeriksa pemahaman (F9) sebanyak 19 pertanyaan. Perbedaan hasil fungsi pertanyaan bergantung pada konteks interaksi dalam tahapan pembelajaran.

Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pertanyaan, Peserta PPG, Youtube.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.