KORELASI ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 GAMPING
Prihadi Prihadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan tingkat penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gamping (2) mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gamping dan (3) mendeskripsikan hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gamping. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gamping. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sampai dengan kelas VII E SMP Negeri 4 Gamping. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes penguasaan kosakata dan tes menulis. Instrumen penelitian telah ditinjau oleh pembimbing dan guru bahasa Indonesia SMP Negeri 4 Gamping. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks cerita fantasi kelas VII SMP Negeri 4 Gamping yang ditunjukkan dengan nilai r hitung sebesar 0.574 dan rtabel sebesar 0,172 pada taraf kesalahan 5% hasil rhitung lebih besar dari r tabel 0,172 dengan taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi.
Kata kunci: korelasi, menulis teks cerita fantasi, penguasaan kosakata.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.