PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE VARK (VISUAL, AURAL, READ/WRITE, AND KINESTHETIC) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PEKALONGAN
Hartono Hartono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas X Hosfour 6 SMA Negeri 4 Pekalongan melalui metode pembelajaran VARK (Visual, Aural, Read/Write, and Kinesthetic). Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Dengan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif didukung data kuantitatif guna memperoleh gambaran menyeluruh terkait proses dan hasil pembelajaran. Validitas data dilakukan melalui pendekatan demokratis, ketepatan proses, dan pencapaian hasil bermakna. Sementara itu, reliabilitas diperkuat melalui dokumentasi data asli untuk memastikan keakuratan dan keabsahan temuan. Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran VARK dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 4 Pekalongan. Peningkatan kualitas proses terlihat dari keaktifan, kepercayaan diri, dan minat siswa yang meningkat selama proses pembelajaran berlangsung. Sementara itu, peningkatan hasil terlihat dari peningkatan skor menulis siswa, yaitu dari 57,2% pada pratindakan menjadi 67,65% dan naik menjadi 86,77% pada siklus II. Selain itu, sebanyak 75% siswa berhasil mencapai nilai KKTP. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran VARK dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan lebih baik.
Kata Kunci: menulis puisi, metode pembelajaran VARK, peningkatan
References
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021).
Validitas dan reliabilitas angket motivasi berprestasi. Jurnal Fokus:
Bimbingan dan Konseling, 4(4), 263–
Ardika, I. W. (2020). Asiknya menulis puisi. Citraningrum, D. M. (2016). Menulis puisi
dengan teknik pembelajaran yang kreatif. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah
Program Studi Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia, 1(1).
Darmawan, D. (2021). Menulis itu gampang: Mengasah keterampilan menulis di masa pandemi.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2012). Teori- teori psikologi. Ar-Ruzz Media.
Hakim, F. I., Lestari, R. D., & Mustika, I. (2020). Analisis majas perbandingan dalam puisi “Rock Climbing” karya Juniarso Ridwan. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(4), 871–880.
Herliani, Y., Isnaini, H., & Puspitasari, P. (2020). Penyuluhan pentingnya literasi di masa pandemik pada siswa SMK Profita Bandung tahun ajaran
/2021. Community Development
Journal, 1(3), 277–283.
Hidayat, S. (2017). Majas dan fungsi estetika dalam karya sastra. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 45–53.
Isnaini, H., & Farras, S. K. (2021). Nilai budaya dalam puisi "Madura, akulah darahmu" karya D. Zawawi Imron: Analisis folklor Madura. Aksentuasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 44–54.
Keraf, G. (2009). Diksi dan gaya bahasa.
Gramedia.
Sari, M., & Hidayat, T. (2020). Menulis kreatif sebagai sarana pengembangan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa,
(3), 120–130.
Semi, A. (2012). Metode pengajaran apresiasi sastra. Angkasa.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif,
kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukirman. (2020). Tes kemampuan
keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia di
sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 73–79. Suryadi, A. (2019). Estetika dan makna dalam
puisi Indonesia kontemporer. Jurnal
Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1),
–53.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022).
Penelitian tindakan kelas. Media Nusa
Creative.
Refbacks
- There are currently no refbacks.