PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI METODE SUGESTI- IMAJINASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 WONOSARI
Suroso Suroso, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui metode sugesti imajinasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI A dengan jumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II dalam penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali pertemuan menggunakan metode sugesti- imajinasi. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan berupa nilai dari hasil karya siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode sugesti-imajinasi dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan kualitas proses dan hasil. Peningkatan kualitas proses dapat dilihat pada perubahan sikap siswa dalam proses pembelajaran, yakni keaktifan, keantusiasan, dan konsentrasi. Peningkatan kualitas hasil dapat dilihat pada kenaikan nilai rata-rata siswa dari tiap siklus. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata siswa dalam menulis cerpen hanya 63,33. Pada tahap siklus I nilai rata-rata siswa dalam menulis cerpen menjadi 70,92, sedangkan pada siklus II menjadi 81,06. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode sugesti-imajinasi mampu meningkatkan kualitas proses dan kualitas hasil menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis Cerpen, Metode Sugesti-Imajinasi, Media Lagu
References
Akhadiah, dkk. 1998. Pembinaan Menulis
Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Fernanda, A., & Sukardi, E. (2022).
Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Sugesti Imajinasi pada Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(4), 7657-7663.
Gereda, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia: menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Marganingsih, M. (2022). Peningkatan
Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Teks Lagu Dengan Metode Latihan Terbimbing. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 6(1), 63-82.
Muslim, P. Y. C., & Siregar, R. A. (2022).
Keterampilan Menulis.
Natasia, R. 2019. Peningkatan Keterampilan
Menulis Puisi Dengan Metode Sugesti Imajinasi Pada Siswa Kelas X TFLM B (Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur) SMK Negeri 2 Klaten
Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral Dissertation, Universitas Widya Dharma).
Nurgiyantoro, Burhan. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE UGM.
Nurgiyantoro, Burhan. (2012). Teori
Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian
Pembelajaran Bahasa Berbasis
Kompetensi. Yogyakarta: BPFE. Nurhayati, Enung. (2019). Cipta Kreatif Karya
Sastra. Bandung: Yrama Widya.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019).
Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49-60.
Rahmiyanti, R. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Sugesti-Imajinasi Media Lagu Siswa Kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1
Mutiara. Jurnal Real Riset, 3(3), 306-
Rohman, S. (2020). Pembelajaran cerpen.
Jakarta: Bumi Aksara.
Samosir, W. T. (2023, 2 September). Lirik dan
Makna Lagu ‘Aku Sudah Tak Marah” Idgitaf yang Lagi Viral di TikTok. Detik.com. https://www.detik.com/sumut/berita/d-
/lirik-dan-makna-lagu-aku- sudah-tak-marah-idgitaf-yang-lagi-viral- di-tiktok
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Tarigan, H. G. (1986). Menulis: sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 1991. Metodologi
Pengajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
Trimantara, Petrus. (2005). “Metode Sugesti- Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis dengan Media Lagu”. Jurnal Pendidikan Penabur, 05, IV, hlm 1- 14.
Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. Al- Fathonah, 1(1), 342-351.
Refbacks
- There are currently no refbacks.