PENINGKATAN KETERAMPILAN INTERPRETASI DRAMA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA

Ummi Saroh ur Arifah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran keterampilan  interpretasi drama menggunakan model pembelajaran kooperatif siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini memiliki empat prosedur dalam pelaksanaannya, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 14 Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa. Data yang digunakan berupa hasil observasi siswa, catatan lapangan, hasil interpretasi drama oleh siswa, dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasarkan peningkatan proses pembelajaran dan perilaku siswa selama pembelajaran yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian indikator dan nilai siswa yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara proses terdapat peningkatan pelaksanaan pembelajaran. Peningkatan tersebut ditunjukan dari keaktifan siswa, keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran, interaksi siswa dalam berkelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan secara produk dapat dilihat dengan adanya peningkatan keterampilan interpretasi drama. Siklus I nilai rata-rata 74,27, dan siklus II meningkat menjadi 76,96. Hal tersebut menunjukkan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keterampilan interpretasi drama.

 

 

Kata kunci : keterampilan interpretasi drama, pembelajaran kooperatif



Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.