PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Itsnaini Yumna,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan model pembelajaran concept sentence pada siswa kelas VII C SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VII C SMP Negeri 15 Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 15 Yogyakarta. Jumlah siswa kelas VII C berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki, dan 16 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII C SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Keberhasilan tindakan ditentukan oleh keberhasilan proses dan produk pembelajaran menulis teks deskripsi menggunakan model pembelajaran concept sentence. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi menggunakan model pembelajaran concept sentence pada siswa kelas VII C SMP Negeri 15 Yogyakarta. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari kualitas proses pembelajaran yang terlihat dari meningkatnya minat siswa terhadap pembelajaran menulis teks deskripsi, keaktifan siswa, kelancaran proses pembelajaran, dan ketepatan waktu siswa dalam mengumpulkan tugas. Peningkatan hasil keterampilan menulis teks deskripsi dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pratindakan sampai dengan siklus II. Rata-rata nilai siswa pada pratindakan sebesar 59,8 dan 32 siswa dinyatakan belum tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa naik menjadi 73 dengan siswa tuntas sebanyak 17. Selanjutnya, dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 80,2 dengan 34 siswa dinyatakan tuntas.

 

Kata kunci: menulis, teks deskripsi, model pembelajaran Concept Sentence

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.