PENGARUH BAHASA JAWA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) penggunaan bahasa Jawa siswa kelas VIII SMPN 4 Sleman, (2) keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMPN 4 Sleman, (3) pengaruh bahasa Jawa terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMPN 4 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Bahasa Jawa siswa SMPN 4 Sleman berada pada katerogi sedang dengan kategori tinggi 29,03%, kategori sedang 54,61%, dan kategori rendah sebesar 19,35% ; 2) Tingkat keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMPN 4 Sleman berada pada kategori sedang dengan 22,58% kategori tinggi, 70,97% kategori sedang, dan 6,45% kategori rendah; 3) Tidak ada pengaruh yang signifikan bahasa Jawa terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMPN 4 Sleman dengan taraf signifikansi dua ekor 0,824 (82,4%) atau P > 0,05. Bahasa Jawa memiliki pengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa tetapi tidak signifikan. Pengaruh tersebut berupa interferensi bidang fonologi, leksikal, dan sintaksis.
Kata kunci: bahasa Jawa, keterampilan berbicara, menceritakan kembali
Full Text:
XMLRefbacks
- There are currently no refbacks.