ANALISIS GAYA BAHASA PADA CERPEN KARYA SISWA SMP NEGERI 4 DEPOK, YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengidentifikasi jenis-jenis gaya bahasa; (2) mendeskripsikan jenis gaya bahasa yang dominan; serta (3) mendeskripsikan karakteristik gaya bahasa pada cerpen siswa. Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah cerpen karya siswa SMP Negeri 4 Depok, Yogyakarta, kelas VIII A sebanyak 30 cerpen. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik baca – catat. Analisis data menggunakan metode deskriptif dan analisis isi. Instrument utama penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument). Untuk menentukan keabsahan data hasil penelitian digunakan validitas interater dan intrarater. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 30 cerpen yang dianalisis (1) terdapat delapan gaya bahasa yang digunakan pada cerpen siswa yaitu gaya bahasa persamaan/simile, metafora, alegori, personifikasi, epitet, sinekdoke, metonimia, dan sarkasme (2) gaya bahasa yang dominan pada cerpen siswa adalah gaya bahasa sinekdoke dengan persentase 31,65%, gaya bahasa metonima dengan persentase 21,52%, gaya bahasa personifikasi dengan persentase 15,19%, gaya bahasa metafora dengan persentase 15,19%, sedangkan 16,45% sisanya diisi oleh gaya bahasa kiasan yang lain (3) karakteristik gaya bahasa dipengaruhi oleh tema dan diksi yang dipilih oleh siswa. Tema yang diangkat oleh siswa antara lain: tema persahabatan, keluarga, imajinasi/mimpi, dunia binatang, sekolah, dan kehidupan bermasyarakat. Gaya bahasa yang ditemukan pada cerpen yang mengangkat tema-tema tersebut ditandai dengan diksi-diksi yang berhubungan dengan konteks remaja, bahasa non formal, serta istilah asing.
Kata kunci: cerpen, gaya bahasa, karakteristik, siswa SMP
Full Text:
UntitledRefbacks
- There are currently no refbacks.