PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 PONCOWARNO KEBUMEN MELALUI MODEL PROYEK RESPON KREATIF
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Poncowarno Kebumen menggunakan model proyek respon kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Poncowarno Kebumen. Subjek Penelitian adalah siswa kelas VII A yang terdiri dari 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamatan, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan penilaian keterampilan bercerita. Instrument penelitian berupa catatan lapangan, lembar pengamatan, dan lembar penilaian bercerita. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (validitas demokratik, validitas hasil, validitas proses) dan reliabilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model proyek respon kreatif dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Poncowarno Kebumen baik secara proses maupun secara produk. Kemampuan rata-rata siswa dalam bercerita sebelum adanya tindakan berkategoti kurang. Namun, setelah implementasi tindakan selama dua siklus kemampuan rata-rata siswa menjadi kategori baik. Peningkatan kualitas produk atau hasil dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata bercerita siswa pada tahap pratindakan sampai pascatindakan siklus II. Skor rata-rata siswa pada pratindakan sebesar 22,7 .Siklus I meningkat menjadi 25,4 dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 26,7. Skor rata-rata keterampilan bercerita siswa mengalami peningkatan sebesar 3,7. Dengan demikian keterampilan bercerita siswa kelas VII A SMP Negeri Poncowarno Kebumen telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun produk setelah diberi tindakan menggunakan model proyek respon kreatif.
Kata kunci: keterampilan bercerita, model proyek respon kreatif
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono dan Supardi.2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.
Nurgiyantoro, B. 2013. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFEE.
Refbacks
- There are currently no refbacks.