PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TEKS FABEL KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KABUPATEN SLEMAN

Syakirina Rahmatuzahra Utami,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia pada teks fabel kelas VII Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP se-Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling berdasarkan zona wilayah, strata sekolah dan random sekolah, sehingga diperoleh 8 SMP se-Kabupaten Sleman, yang terbagi ke tiga kategori yaitu rendah, sedang dan tinggi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penggunaan media pembelajaran teks fabel dalam RPP dengan pelakasanaan tidak sesuai. Kedua jenis media pembelajaran bahasa Indonesia teks fabel di sekolah berlevel rendah cenderung  menggunakan media pembelajaran visual konvensional,  sekolah berlevel sedang lebih cenderung menggunakan media visual mutakhir (power point) dan sekolah berlevel tinggi lebih cenderung menggunakan ketiga jenis media yaitu media visual mutakhir (power point), visual konvensional (papan tulis dan buku ajar) dan audio visual (rekam cerita teks fabel). Ketiga, respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran dapat dikelompokkan dalam tiga kategori. Di level sekolah rendah dikategorikan cukup dengan skor rata-rata 70,00%. Di level sekolah sedang dikategorikan baik dengan skor rata-rata 89,12%. Di level sekolah tinggi dikategorikan cukup dengan skor rata-rata 71,36%. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia teks fabel SMP di Kabupaten Sleman dapat dikategorikan cukup.

 

Kata kunci: Penggunaan Media Pembelajaran Teks Fabel


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arsyad, Azhar.2011.Media Pembelajaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada

Danandjaya, James.1991. Folklore Indonesia.Jakarta: PT Temprint

Djemari, Mardapi.2008.Teknik Peyusunan Instrumen Tes dan Non Tes.Yogyakarta: Mitra Cendikia Press

Harsiati,Titik.dkk.2017.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII.Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Mardalis,2008.Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal.Jakarta: Bumi Aksara

Miarso,Yusufhadi.2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.Jakarta: Prenada Media.

Muliati,Citra.dkk”Pembelajaran Cerita Fabel Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Pontianak” Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia:FKIP Untan Pontianak

Mulyono.2007.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya

Nuarita,Finta.2013.Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 2 Mlati.Skripsi.Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY

Nurgiyantoro,Burhan.2013.Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: UGM press

__________________.2005.SastraAnak.Yogtakarta: UGM press

Pringgawidagda. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Soeparno, 1988. Media Pembelajaran Bahasa.Klaten: Intan Pariwara

Sugihartono,dkk.2013.Psikologi Pendidikan Yogyakarta:UNY Press

Suryaman, Maman.2010.Strategi Pembelajaran Sastra.Yogyakarta: PBSI FBS UNY

Suryaman,Maman.2012.“Pengembangan Model Panduan Pendidik Pengajaran Sastra Berbasis Pendidikan Karakter Jurnal Kependidikan oleh Dosen PBSI FBS UNY” Jurnal Kependidikan , 1,42, hlm 20.

Sugiyono. 2017.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabet

_________.2017.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung:Alfabeta

Supriyati.(2013).”Pemanfaatan Media Pembelajaran Geografi SMA di Kabupaten Sleman”.Yogyakarta:FIS UNY

Wiyatmi.2006. Pengantar Kajian Sastra.Yogyakarta: Pustaka

Yudhi,Munadi.2014.Media Pembelajaran. Jakarta:Referensi ,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.