PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TEKS FABEL KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KABUPATEN SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia pada teks fabel kelas VII Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP se-Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling berdasarkan zona wilayah, strata sekolah dan random sekolah, sehingga diperoleh 8 SMP se-Kabupaten Sleman, yang terbagi ke tiga kategori yaitu rendah, sedang dan tinggi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penggunaan media pembelajaran teks fabel dalam RPP dengan pelakasanaan tidak sesuai. Kedua jenis media pembelajaran bahasa Indonesia teks fabel di sekolah berlevel rendah cenderung menggunakan media pembelajaran visual konvensional, sekolah berlevel sedang lebih cenderung menggunakan media visual mutakhir (power point) dan sekolah berlevel tinggi lebih cenderung menggunakan ketiga jenis media yaitu media visual mutakhir (power point), visual konvensional (papan tulis dan buku ajar) dan audio visual (rekam cerita teks fabel). Ketiga, respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran dapat dikelompokkan dalam tiga kategori. Di level sekolah rendah dikategorikan cukup dengan skor rata-rata 70,00%. Di level sekolah sedang dikategorikan baik dengan skor rata-rata 89,12%. Di level sekolah tinggi dikategorikan cukup dengan skor rata-rata 71,36%. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia teks fabel SMP di Kabupaten Sleman dapat dikategorikan cukup.
Kata kunci: Penggunaan Media Pembelajaran Teks Fabel
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada
Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arsyad, Azhar.2011.Media Pembelajaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada
Danandjaya, James.1991. Folklore Indonesia.Jakarta: PT Temprint
Djemari, Mardapi.2008.Teknik Peyusunan Instrumen Tes dan Non Tes.Yogyakarta: Mitra Cendikia Press
Harsiati,Titik.dkk.2017.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII.Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Mardalis,2008.Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal.Jakarta: Bumi Aksara
Miarso,Yusufhadi.2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.Jakarta: Prenada Media.
Muliati,Citra.dkk”Pembelajaran Cerita Fabel Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Pontianak” Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia:FKIP Untan Pontianak
Mulyono.2007.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya
Nuarita,Finta.2013.Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 2 Mlati.Skripsi.Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY
Nurgiyantoro,Burhan.2013.Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta: UGM press
__________________.2005.SastraAnak.Yogtakarta: UGM press
Pringgawidagda. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Soeparno, 1988. Media Pembelajaran Bahasa.Klaten: Intan Pariwara
Sugihartono,dkk.2013.Psikologi Pendidikan Yogyakarta:UNY Press
Suryaman, Maman.2010.Strategi Pembelajaran Sastra.Yogyakarta: PBSI FBS UNY
Suryaman,Maman.2012.“Pengembangan Model Panduan Pendidik Pengajaran Sastra Berbasis Pendidikan Karakter Jurnal Kependidikan oleh Dosen PBSI FBS UNY” Jurnal Kependidikan , 1,42, hlm 20.
Sugiyono. 2017.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabet
_________.2017.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung:Alfabeta
Supriyati.(2013).”Pemanfaatan Media Pembelajaran Geografi SMA di Kabupaten Sleman”.Yogyakarta:FIS UNY
Wiyatmi.2006. Pengantar Kajian Sastra.Yogyakarta: Pustaka
Yudhi,Munadi.2014.Media Pembelajaran. Jakarta:Referensi ,
Refbacks
- There are currently no refbacks.