PENERAPAN TEORI KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan penerapan teori konstruktivisme dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta. Deskripsi penerapan teori konstruktivisme meliputi hasil kegiatan yang dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran yang mengacu pada pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yakni guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII F, G, H, I, dan J. Data diperoleh melalui teknik pengamatan berpartisipasi, analisis dokumen, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis induktif. Keabsahan data diperoleh melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan pembelajaran berbasis teori konstruktivisme melalui delapan kegiatan, yakni: (1) Membaca, digunakan untuk mengkonstruksi pamahaman awal siswa (2) Menyimak, digunakan agar siswa dapat melalui proses berpikir melalui proses konstruk informasi yang telah dimiliki dengan informasi yang baru saja didengar. (3) Menyampaikan pendapat, digunakan untuk melatih keaktifan siswa dalam berbicara dan memacu siswa aktif. (4) Pemberian tugas, digunakan untuk mengevaluasi serta mengetahui sejauh mana pemahaman siswa. (5) Mempresentasikan, digunakan untuk menyampaikan hasil diskusi. (6) Berdiskusi dalam kelompok, digunakan agar siswa berani menyampaikan pendapat. (7) Mengevaluasi, digunakan guru untuk mengetahui ketercapaian kompetensi. (8) Bermain peran, digunakan untuk mengeksplorasi pengetahuan yang didapat melalui materi teks drama. Hal tersebut ditunjukkan melalui data kualitatif berupa fakta-fakta di lapangan.
Kata kunci: teori konstruktivisme, pembelajaran Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Wardoyo, Sigit Mangun. 2015. Pembelajaran Konstruktivisme Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta.
Wicaksono, dkk. 2016. Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat). Yogyakarta: Garudhawaca.
Yani, Ahmad. 2014. Mindset Kurikulum 2013. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.