PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN TEKNIK STORY BOARD PADA SISWA KELAS VII B MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Muhammad Fajar Is Toriqonnajah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur menggunakan teknik story board pada siswa kelas VII B MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Melauli teknik pembelajaran story board, peningkatan dapat dilihat secara proses maupun produk.

Penelitian ini merupakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang  telah dilaksanakan di MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang terdiri dari 28 siswa. Objek dari penelitian ini keterampilan menulis teks prosedur. penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus meliputi tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Masing-masing terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kemamuan minimum KKM, yaitu 75 dan menjadi bahan pertimbangan penelitian selanjutnya.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, bahwa penerapan teknik story board dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII B MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Peningkatan tersebut ditunjukan dari kualitas proses pembelajaran yang tercermin dalam perhatian pembelajaran, antusias siswa dalam belajar. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari skor rata-rata keterampilan menulis dari sebesar 55,96, kemudian meningkat menjadi 71,28, dan meningkat lagi menjadi 80,00 pada siklus II. Peningkatan skor rata-rata dari siklus I sampai siklus II sebesar 8,72, sedangkan skor rata-rata kelas dari pratindakan sampai siklus II sebesar 22,4.

                                                                                          

 

Kata kunci: Menulis, Teks prosedur, Teknik story board


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2000. Penelitian Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Alkhadiah, Sabarti. 1995. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Dalman. 2012. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dwijayanti, Tyas. 2012. Keefektifan Teknik Story Board dalam Pembelajaran Menulis Nasrasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kemranjen, Banyumas. Skripsi SI. Yogyakarta: FBS UNY

Hastuti, Sri. 1992. Konsep-Konsep Dasar Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016 (Edisi Revisi). Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Knapp, Peter dan Megan Watkins. 2005. Genre, Text, Grammar: Technologies for

Teaching and Assesing Writing. Sydney: University of New South Wales.

Madya, Suwarsih. 2011. Teori dan praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Meleong, Lexy J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2016. Psikolinguistik Edukasional. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Statistik Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: BPPE.

Pamuji Asih, Nur Setya. 2014. Keefektifan Teknik Story Board Terhadap Pembelajaran Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI SMA N 1 Depok, Sleman. Skripsi SI. Yogyakarta: FBS UNY

Rosidi, Imron. 2009. Menulis Siapa Takut. Yogyakarta: Kansisius.

Siswoyo, Dwi. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sudjana, Nana. 1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Sutama, I Made. 2016. Pembelajaran Menulis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiesendanger, Katherine D. 2001. Strategies For Lieteracy Education. New Jersey Colombus: Merrill Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.