PELAKSANAAN PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI RAKYAT SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran apresiasi puisi rakyat kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Tujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari beberapa komponen utama, yaitu: (1) tujuan pembelajaran apresiasi puisi rakyat kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan, (2) materi pembelajaran apresiasi puisi rakyat kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan, (3) metode pembelajaran apresiasi puisi rakyat kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan, (4) media pembelajaran apresiasi puisi rakyat SMP Muhammadiyah 2 Kalasan, dan (5) evaluasi pembelajaran apresiasi puisi rakyat kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran apresiasi puisi rakyat kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan yang mencakup proses, metode, media, materi dan evaluasi pembelajaran apresiasi puisi rakyat. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengamatan berpartisipasi, wawancara, dan analisis dokumen. Keabsahan data diuji dengan triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif, dengan tahapan perbandingan antardata, kategorisasi, penyajian data, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, tujuan pembelajaran apresiasi puisi rakyat SMP Muhammadiyah 2 Kalasan sudah terlaksana dengan baik karena sudah sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kedua, materi pembelajaran yang disampaikan guru sudah sesuai dengan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sumber materi pembelajaran apresiasi puisi rakyat yang digunakan yaitu buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia dan media pembelajaran yang disiapkan oleh guru. Ketiga, metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah kombinasi antara metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, dan metode penugasan. Pelaksanaan metode pembelajaran yang dilakukan sudah sesuai dengan Rencara Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru. Keempat, media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran berbasis audio visual dan buku teks. Kelima, evaluasi pembelajaran apresiasi puisi rakyat dilaksanakan selama kegiatan pembelajaran dan setelah terjadi proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Pelaksanaan evaluasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung dapat berupa pertanyan-pertanyan acak yang diberikan oleh guru kepada siswa. Sedangkan evaluasi pada akhir pembelajaran diberikan penugasan secara berkelompok kepada siswa untuk membuat salah satu jenis puisi rakyat berdasarkan ide dan gagasan yang dimiliki.
Kata kunci: pembelajaran, apresiasi puisi rakyat, siswa SMP.
Full Text:
PDFReferences
Alwasilah, Chaedar A. 2006. Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.
Jamaludin, 2003. Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Muhammad. 2011. Paradigma Kualitatif Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Liebe Book Press.
Soeparno. 2002. Dasar-dasar Linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.
Suryaman, Suryaman. 2012. Metodologi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press
Refbacks
- There are currently no refbacks.