PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DASAR PENGELASAN UNTUK SISWA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI SLEMAN

Ardian Prima Yudha, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan multimedia pembelajaran Teknik Dasar Pengelasan, (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran Teknik Dasar pengelasan, (3) mengetahui pengaruh multimedia pembelajaran Teknik Dasar Pengelasan terhadap hasil belajar siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri Sleman. Metode pengembangan media mengacu pada metode yang dikembangkan Luther pada tahun 1994. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Teknik Dasar Pengelasan melalui beberapa tahap, yaitu (1) Concept, (2) Design, (3) Material Collecting, (4) Assembly, (5) Testing, (6) Distribution. Berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, guru, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar media pembelajaran dikatakan layak digunakan. Nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 62,86 dan 74,03, dengan presentase ketuntasan 75,86, sedangkan nilai rata-rata pre test dan post test kelas eksperimen adalah 62,57 dan 77,39 dengan presentase ketuntasan 89,28%. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran Teknik Dasar Pengelasan mempunyai pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa di kelas. Kata kunci: pengembangan multimedia, teknik dasar pengelasan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.