KESESUAIAN RANCANGAN SISTEM REM F15 TERHADAP BERAT DAN KECEPATAN KENDARAAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuain rancang sistem rem F15 terhadap berat dan kecepatan kendaraan sesuai dengan regulasi 2015 Formula SAE dan lokal regulasi yang berlaku di Jepang.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan metode pengujian untuk memecahkan permasalahan. Penelitian ini menggunakan subyek konfigurasi sistem rem pada mobil F15 dan melakukan pengujian pada sistem rem F15. Data-data didapatkan melalui spesifikasi komponen rem yang digunakan F15, mengamati dan mencatat langsung hasil pengujian.Hasil dari penelitian ini adalah rancangan desain dan hasil pengujian sistem rem yang layak digunakan pada mobil F15 yang akan berkompetisi pada Formula SAE. Ditinjau dari hasil perancangan konfigurasi sistem rem F15 layak karena telah memenuhi semua regulasi Formula SAE 2015. Dari hasil pengujian kesesuaian rancangan sistem rem terhadap berat kendaraan telah sesuai dengan rancangan besarnya gaya pengereman yang dibutuhkan sebesar 2764.5 N. Kesesuaian rancangan sistem rem F15 terhadap kecepatan kendaraan telah mampu menghentikan kendaraan dengan posisi semua roda terkunci sesuai dengan regulasi Formula SAE 2015. Kata kunci: Rancangan Sistem Rem F15, Sistem Rem, Formula SAE 2015. Abstract
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.