IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI KE DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SISWA JURUSAN TKR DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah: mengidentifikasi nilai-nilai karakter, strategi pembelajaran dan kendala-kendala yang dialami oleh guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter ke dalam pembelajaran siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi.Dari hasil penelitian diketahui bahwa : Guru SMK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Yogyakarta telah mengimplementasikan 18 nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran produktif. Nilai-nilai tersebut adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli social, dan tanggung jawab. Guru SMK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Yogyakarta telah menggunakan 12 metode pembelajaran. metode pembelajaran tersebut adalah ceramah, diskusi, penugasan, presentasi, bermain peran (role play), pembelajaran tematik, pembelajaran kooperatif, pembelajaran kontekstual, pembiasaan, memberikan keteladanan, pembinaan disiplin peserta didik, dan ditegakkan aturan yang sudah disepakati secara konsisten. Kata kunci: nilai-nilai karakter, metode pembelajaran, kendala-kendala
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.