PENERAPANINDUCTIVE THINKING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM KELAS DAN HASIL BELAJAR TLDO

Azhar Hardiansyah, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam kelas dan hasil belajar Teknik Listrik Dasar Otomotif (TLDO) siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR)-5 SMK Muhammadiyah 2 Jatinom Klaten tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model Inductive Thinking. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasyang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Validasi data menggunakan teknik triangulasi observer. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif.Hasil penelitian menunjukan kinerja guru dalam kelas meningkat dengan persentase di siklus I sebesar 68,54% menjadi 81,88% di siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Persentase siswa yang mencapai nilai KKM meningkat dari siklus I sebanyak 54,55% menjadi 79,55% di siklus II. Kesimpulannya, penerapan model inductive thinking dapat meningkatkan kinerja guru dalam kelas dan hasil belajar TLDO siswa kelas X TKR 5 SMK Muhammadiyah 2 Jatinom Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: inductive thinking, kinerja guru dalam kelas, hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.