PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR

Vitra Ristiyawan, Program Studi pendidikan teknik otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X TKR C SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro selama proses pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran pada mata pelajaran menggunakan alat-alat ukur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & McTaggart. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian adalah 17 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan lapangan dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran standar kompetensi menggunakan alat-alat ukur menggunakan media modul pembelajaran alat ukur pada mata pelajaran kompetensi kejuruan teknik kendaraan ringan dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa selama proses pembelajaran, dengan peningkatan skor rata-rata keaktifan: 2,5 (cukup) pada siklus I, menjadi 3,12 (baik) pada siklus II. Peningkatan nilai rata-rata kelompok: 72,79 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas 75,00 sebanyak 6 siswa (35,29%) pada siklus I, menjadi 78,10 dengan jumlah sebanyak 13 siswa (76,47%). Kata Kunci : media pembelajaran modul, keaktifan belajar dan prestasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.