PERBEDAAN PENGGUNAAN MODUL TERHADAP MINAT MEMBACA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BAWANG BANJARNEGARA

Adi Iswoyo, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan modul dan yang tidak menggunakan modul. Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang minat membacanya tinggi dan siswa yang minat membacanya rendah. Mengetahui perbedaan minat membaca antara siswa yang menggunakan modul dan yang tidak menggunakan modul siswa kelas X jurusan Teknik Sepeda Motor di SMKN 2 Bawang Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 96 siswa, untuk sempel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 64 siswa yang terbagi menjadi dua kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Validitas intrumen ini melalui pendapat para ahli. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskripsi dan Uji Beda (t-test) dengan menggunakan excel 2010. Hasil analisis data dapat di simpulkan bahwa tidak ada perbedaan minat membaca antara siswa yang menggunakan modul dengan yang tidak menggunakan modul dengan hasil uji t yang tidak berbeda signifikan. Hasil belajar antara siswa yang minat membacanya tinggi dengan siswa yang minat membacanya rendah tidak ada perbedaan dibuktikan dengan uji t yang tidak berbeda signifikan. Hasil belajar antara siswa yang menggunakan modul dengan yang tidak menggunakan modul tidak ada perbedan dibuktikan dengan uji t yang tidak berbeda signifikan. Kata kunci: Modul, Minat Membaca, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.