PENGEMBANGAN IMPACT ATTENUATOR UNTUK KENDARAAN FG16 GARUDA UNY TEAM PADA KOMPETISI FORMULA STUDENT DI JAPAN TAHUN 2016

Naufal Annas Fauzi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perancangan, dan pengembangan pembuatan impact attenuator FG16, 2) hasil pengujian impact attenuator FG16, 3) kesesuaian perancangan dan pengujian impact attenuator FG16 terhadap regulasi Formula SAE 2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan 3 jenis spesimen impact attenuator. Proses penelitian ini terdiri dari 4 langkah sebagai berikut: 1) perancangan, 2) pembuatan, 3) pengujian, dan 4) pengolahan data. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui data perancangan dan data pada saat melakukan pengujian menggunakan metode quasi-static testing. Berdasarkan hasil pengujian ketiga impact attenuator dapat diketahui bahwa impact attenuator 3 yang memiliki hasil paling baik dan memenuhi seluruh kriteria yang dipersyaratkan pada regulasi. Spesimen impact attenuator 3 menggunakan material aluminum plate dengan dimensi panjang 240mm, lebar 250mm, dan tinggi 250mm dengan konstruksi berbentuk limas persegi empat. Hasil pengujian pada spesimen impact attenuator 3 yaitu mampu menyerap energi sebesar 8898,847 Joule, average deceleration 10,8 g’s dan peak deceleration 16,4 g’s, tingkat kerusakan atau deformasi pada Anti intrussion plate 21,2 mm dan front bulkhead 13 mm. Berdasarkan hasil verifikasi laporan pengujian yang dikumpulkan kepada panitia, impact attenuator 3 dinyatakan memenuhi seluruh kriteria pada regulasi, sehingga spesimen impact attenuator 3 dapat digunakan sebagai impact attenuator pada kendaraan FG16 untuk berkompetisi di 2016 Student Formula Japan.
Kata kunci: perancangan, impact attenuator, energi, regulasi, Formula SAE.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.