KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MOTOR BENSIN SISWA KELAS XII TKR

Fajar Dwi Hananto, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Motor Bensin, (2) kontribusi kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar Motor Bensin, (3) kontribusi motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar Motor Bensin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK N 2 Klaten sebanyak 65 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan proportional random sampling dengan jumlah 38 siswa.Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif antara Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Motor Bensin Siswa Kelas XII TKR SMK N 2 Klaten yang dibuktikan dengan r = 0,349 dan t = 3,038 dengan sumbangan efektif sebesar 11,94 %; (2) terdapat pengaruh positif antara Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Motor Bensin Siswa Kelas XII TKR SMK N 2 Klaten yang dibuktikan dengan r = 0,269 dan t = 2,319 dengan sumbangan efektif sebesar 7,09 %; (3) terdapat pengaruh positif antara Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa dengan Hasil Belajar Motor Bensin Siswa Kelas XII TKR SMK N 2 Klaten yang dibuktikan dengan r2 = 0,191. Hal ini menunjukkan besarnya varian hasil belajar siswa yang dapat dijelaskan atau dipengaruhi motivasi belajar dan kepercayaan diri sebesar 19,04 %. Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Kepercayaan Diri Siswa, Hasil Belajar Motor Bensin.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.