EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM BLOK JURUSAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1)Mengetahui implementasi sistem blok(2)Mengetahui kualitas hasil pembelajaran melaluisistem blok,(3) Mengetahui kesiapan siswa, guru dan sekolah dalam penyusunan program pembelajaransistem blokyang meliputi penyusunan program semester dan jadwal praktik, (4) Mengetahui tingkat efektifitas pelaksanaan pembelajaransistem blokdi program keahlian otomotif SMK Muhammadiyah Prambanan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru SMK Muhammadiyah Prambanan, tempat dilaksanakan penelitian, arsip dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi langsung dan mencatat dokumen. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) implementasi sistem blok padaprogram keahlian otomotif di SMK Muhammadiyah Prambanan termasuk dalam kategori baik dengan presentase 87,5%,(2) kualitas hasil pembelajaran melaluisistem blok padaprogram keahlian otomotif di SMK Muhammadiyah Prambanan termasuk dalam kategori baik dengan presentase 70%, (3) kesiapan siswa dikategorikan baik dengan presentase 75%, kesiapan guru dikategorikan baik dengan presentase 75%, kesiapan manajemen sekolah dikategorikan cukup baik dengan presentase 66,67%, (4)Tingkat efektifitas pelaksanaan pembelajaransistem blokpada program otomotif di SMK Muhammadiyah Prambanan termasuk dalam kategori cukup efektif dengan presentase 60%.
Kata kunci :Tingkat efektifitas pembelajaran siswa otomotif pada SMK Muhammadiyah Prambanan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.