PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR

Ardhi Dwi Wicaksono, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan media pembelajaran berbasis WEB pada standar kompetensi menggunakan alat-alat ukur.Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X Progam Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) B di SMK Piri Sleman. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan media pembelajaran berbasis WEB. Guru menjelaskan materi dengan bantuan media teks, gambar, dan video yang ada pada media tersebut. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan melalui tes yang berupa soal tes obyektif. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis WEB dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi menggunakan alat-alat ukur kelas X TKR B di SMK Piri Sleman. Nilai rata – rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 5,9 dengan persentase ketuntasan klasikal 35,00%. Setelah diterapkan media pembelajaran berbasis WEB pada siklus I rata – rata hasil belajar mencapai 6,9 pada persentase ketuntasan klasikal 68,18%, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 7,5 pada persentase ketuntasan klasikal 78,26%. Tanggapan siswa mengenai media pembelajaran berbasis WEB adalah 100% menyenangkan dan dapat membantu memahami materi pelajaran, akan tetapi 69% masih membutuhkan penjelasan dari guru. Kata Kunci : WEB, Hasil belajar, Menggunakan Alat-alat ukur

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.