PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash CC pada mata diklat gambar teknik bidang keahlian teknik kendaraan ringan kelas X dan XI SMK Muhammadiyah Prambanan.Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif ini menggunakan model penelitian dan pengembangan 4D. Hasil dari penelitian ini adalah proses pengembangan media dilakukan dengan 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan dessemination (penyebarluasan). Sedangkan kelayakan media pembelajaran mendapatkan hasil sebagai berikut, (1) dari penilaian ahli materi didapatkan rerata skor 3,54 (kategori sangat layak), (2) penilaian dari ahli media didapatkan rerata skor 3,30 (kategori sangat layak), (3) hasil uji coba lapangan terbatas didapatkan rerata skor 3,08 (kategori layak), (4) hasil uji coba lapangan lebih luas didapatkan rerata skor 3,28 (kategori sangat layak). Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran interaktif gambar teknik Layak untuk digunakan dalam pembelajaran di SMK Muhammadiyah Prambanan. Kata kunci : Pengembangan, media pembelajaran, kelayakan media pembelajaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.