PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Perdananto Kurniadi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dan minat siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada mata pelajaran dasar kompetensi keahlian menggunakan peralatan, perlengkapan dan alat ukur di tempat kerja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR A semester genap tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 27 siswa.Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus dan pada setiap siklus dilakukan ulangan harian. Teknik pengumpulan data ini menggunakan tes, angket dan dokumentasi.Dalam proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model kooperatif tipe numbered heads together.Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: (1) penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas X TKR A. hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa dan persentase siswa yang melampaui KKM (2) penelitian ini menunjukkan peningkatan pada minat siswa kelas X TKR A. hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata minat siswa sebagai berikut: pada siklus 1 skor rata-rata minat siswa 0,77 dengan kategori lebih dari baik. Pada siklus 2 skor rata-rata siswa menjadi 0,772 dengan kategori lebih dari baik. Pada siklus 3 skor rata-rata siswa menjadi 0,804 dengan kategori lebih dari baik. Hal ini menunjukkan bahwa minat siswa dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Kata kunci: PTK, Numbered Heads Together, Hasil Belajar Kognitif, Minat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.