EVALUASI PEMBELAJARAN PCSPT PADA KELAS XI TKR SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Juan Prasetyadi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, (4) hasil belajar siswa, (5) hambatan-hambatan selama proses pembelajaran PCSPT. Model evaluasi yang digunakan model Stake. Sumber data adalah Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, guru mata pelajaran PCSPT, siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan dokumen-dokumen pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis adalah analisis deskriptif kuantitatif didukung deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah: (1) perencanaan pembelajaran PCSPT termasuk sangat baik (84,5%), (2) pelaksanaan pembelajaran PCSPT untuk pembelajaran teori dan praktik termasuk sangat baik (86,38% dan 84,68%), (3) evaluasi pembelajaran PCSPT termasuk sangat baik (83,35%), (4) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PCSPT tahun ajaran 2014/2015 pada kompetensi pengetahuan nilai rata-ratanya 76,72, untuk kompetensi keterampilan nilai rata-ratanya 77,21, untuk kompetensi sikap spritual dan sosial nilai rata- ratanya 78,85, (5) hambatan-hambatan yang dialami guru cukup rendah (21,42%), untuk hambatan-hambatan yang dialami siswa termasuk cukup tinggi (55,75%). Kata kunci: evaluasi, perencanaan, pelaksanaan, penilaian, hasil belajar dan hambatan-hambatan selama pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.