IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PELAJARAN CHASIS OTOMOTIF
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Chasis Otomotif secara kognitif dan proses pembelajaran pada peserta didik kelas XI TKR 4 di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Upaya peningkatan prestasi belajar tersebut dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match (ICM) pada kompetensi sistem rem. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari hasil pretest yaitu sebesar 62,00 menjadi 79,96 pada nilai rata-rata posttest. Setelah dilakukan perhitungan Uji-t terhadap peningkatan prestasi belajar, didapatkan hasil sebesar 8,2892. Dari hasil tersebut dibandingkan dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu sebesar 1,9265, sehingga hasil perbandingannya adalah 8,2892 > 1,9265 atau > .Berdasarkan hasil tersebut maka terdapat peningkatan yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran tipe Index Card Match dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Chasis Otomotif kompetensi sistem rem kelas XI TKR 4 Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci : prestasi belajar, pembelajaran kooperatif, Index Card Match.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.