HUBUNGAN PERAN SERTA ORANGTUA DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK

Nugroho Dwi Susanto, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara peran serta orangtua dan tingkat pendidikan orangtua terhadap prestasi belajar mata pelajaran perbaikan sistem bahan bakar siswa kelas XI Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Patuk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Sepeda Motor Kelas XI Muhammadiyah 1 Patuk Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 47 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala likert dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menemukan adanya hubungan antara peran serta orangtua (X1) terhadap prestasi belajar (Y) memiliki koefisien rhitung = 0,301 sementara harga rtabel pada taraf kesalahan 5% adalah 0,288 dengan sumbangan efektif sebesar 5,25 %. Hubungan  antara tingkat pendidikan orangtua (X2) terhadap prestasi belajar (Y) memiliki koefisien korelasi rhitung = 0,323, sementara harga rtabel pada taraf kepercayaan 5 % adalah 0,288 dengan sumbangan efektif sebesar 95,01%. Kemudian hubungan antara peran serta orangtua (X1) dan tingkat pendidikan orangtua (X2) terhadap prestasi belajar (Y) ditemukan harga Fhitung = 4,870 dan Ftabel = 3,209. Karena harga Fhitung > Ftabel, hal ini menunjukan adanya hubungan signifikan antara peran serta orangtua dan tingkat pendidikan formal orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran perbaikan sistem bahan bakar kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Patuk Jurusan Teknik Sepeda Motor tahun ajaran 2014/2015.

Kata Kunci : Peran Serta Orangtua, Tingkat Pendidikan Orangtua, Prestasi Belajar Siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.