KESIAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN SARANA PRASARANA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK JURUSAN TKR SE DIY

Yahya Achmad Satria, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan SMK jurusan TKR menghadapi kompetensi dasar sistem transnmisi otomatis, sistem ABS, dan sistem EPS dalam implementasi kurikulum 2013 SMK se DIY yang meliputi perangkat pembelajaran, dan sarana prasarana penunjang kegiatan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah guru produktif Jurusan TKR SMK se DIY yang berjumlah 9 (sembilan) orang dan sarana prasarana yang digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian sebagai berikut : (1) perangkat pembelajaran yang disusun guru termasuk dalam kategori cukup baik (rerata pencapaian skor : 1,95). Hasil tersebut menunjukkan perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru sudah sesuai dengan aturan kurikulum 2013. (2) Kesiapan sarana prasarana bengkel praktik termasuk dalam kategori cukup baik (rerata pencapaian skor 2,36). Kesiapan sarana praktik sistem transmisi otomatis dikategorikan baik (rerata pencapaian skor 3,0), sedangkan sarana praktik sistem ABS dan EPS dikategorikan kurang (rerata pencapaian skor 0,0). Hasil tersebut menunjukkan kesiapan sarana prasarana jurusan TKR pada kompetensi dasar sistem transmisi otomatis, sistem ABS, dan sistem EPS tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. 

Kata kunci       : Kesiapan TKR, Sistem Transmisi Otomatis, ABS, dan EPS, Kurikulum 2013,

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.