KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Eka Muridinata,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar (2) kontribusi disiplin belajar terhadap prestasi belajar (3) kontribusi persepsi tentang penggunaan media pembelajaran dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Metode pengambilan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat kontribusi positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran dan prestasi belajar dengan nilai r­­2sebesar 0,222 yang berarti persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran berkontribusi sebesar 22,2% terhadap prestasi belajar (2) terdapat kontribusi positif dan signifikan antara disiplin belajar dan prestasi belajar dengan nilai r­­2sebesar 0,427 yang berarti disiplin belajar berkontribusi sebesar 42,7% terhadap prestasi belajar (3) terdapat kontribusi positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar dengan nilai R­­2sebesar 0,471 yang berarti persepsi tentang penggunaan media pembelajaran dan disiplin belajar memberikan kontribusi prestasi belajar sebesar 47,1%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.