FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISTEM PENGAPIAN SISWA KELAS XI JURUSAN TKR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM.
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah: Mengetahui gambaran faktor kesulitan belajar (internal dan eksternal) siswa kelas XI TKR SMK Muhammadiyah 1 Salam Kabupaten Magelang dalam mempelajari mata diklat sistem pengapian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual mengenai apa yang menjadi tema penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Salam Kabupaten Magelang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian populasi karena seluruh siswa kelas XI TKR SMK Muhammadiyah 1 Salam Kabupaten Magelang yang berjumlah 73 siswa dijadikan subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa : faktor-faktor kesulitan belajar yang berasal dari diri siswa (intern) terdiri dari faktor fisiologi dan psikologi. Pengaruh faktor fisiologi sebesar 44,52%, masuk kategori sedang. Sedangkan pengaruh faktor psikologi sebesar 60,68%. Rinciannya adalah faktor minat sebesar 55,05% masuk dalam kategori sedang, faktor bakat sebesar 61,13% kategori sedang, faktor motivasi sebesar 62,93% kategori sedang, faktor inteligensi sebesar 60,27% kategori sedang, faktor persepsi sebesar 72,26% kategori tinggi, faktor kesehatan mental sebesar 57,88% kategori sedang, dan tipe khusus pelajar sebesar 65,41% masuk pada kategori sedang. Faktor-faktor kesulitan belajar yang berasal dari luar diri siswa (ekstern) terdiri dari faktor keluarga, sekolah dan masyarakat. Pengaruh faktor keluarga sebesar 67,64% masuk kategori tinggi. Untuk pengaruh faktor sekolah sebesar 57,58% masuk kategori sedang. Pengaruh faktor masyarakat sebesar 71,02% masuk kategori tinggi.
Kata Kunci: Faktor kesulitan belajar, sistem pengapian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.