PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara metodepembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Student Team Achievement Devision (STAD) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan Otomotif padamatapelajaranPemeliharaanMesinKendaraanRingan semester gasal di SMK N 2 Wonosari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan menggunakan desain penelitian Two Group, Pretest-postets Control Group Design. Teknik analisis mengunakan N-Gain dan untuk menguji hipotesis menggunakan rumus uji-t Polled Varians karena jumlah anggota sampelnya sama (n1=n2) dengan taraf signifikansi 5%.Hasil penelitian menujukkan terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar posttest kelas Jigsaw sebesar 81,20 dan kelas STAD sebesar 77,07 dari uji hipotesis didapatkan thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 3,2354 ˃ ttabel = 2,001717). Hasil peningkatan prestasi belajar, dapat dilihat dari nilai Gain dari masing-masing kelas yaitu kelas Jigsaw 0,784 masuk dalam kategori tinggi dan kelas STAD 0,668 masuk dalam kategori sedang, sehingga kelas yang menggunakan metode Jigsaw mempunyai peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas yang menggunakan metode STAD.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.