PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF KELAS X
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas X TKR antara kelas yang pembelajarannya menggunakan metote team quiz dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran TDO di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, 2) Pengaruh penerapan metode team quiz terhadap prestasi belajar siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berjumlah 107 siswa dan sampel pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen yaitu kelas X TKR 3 dan kelompok kontrol yaitu kelas X TKR 1 dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 26 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Prestasi belajar kelas eksperimen yang diajar dengan metode team quiz memiliki rerata 77.88 dan terdapat 88.5% siswa yang mencapai nilai KKM sehingga termasuk dalam kategori baik sedangkan kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan metode ceramah memiliki rerata 62.88 dan terdapat 11.5% siswa yang mencapai nilai KKM sehingga termasuk dalam kategori kurang, 2) Terdapat pengaruh penerapan metode team quiz terhadap prestasi belajar siswa kelas X TKR di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan temuan bahwa prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode team quiz lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan metode cermah, yang dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu sebesar (6.503>2.056).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.