PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA DAN METODE MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Tri Widodo,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media dan (2) metode mengajar terhadap prestasi belajar, pada kompetensi  Alat Ukur Teknik kelas X  jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasinya adalah semua siswa kelas X TSM SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro (145 siswa). Jumlah sampelnya 108 siswa, ditentukan dengan rumus Slovin dengan teknik Simple Random Sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik komparasi. Hasil penelitian: (1) siswa yang memiliki persepsi baik terhadap penggunaan media pembelajaran, memiliki prestasi lebih tinggi daripada siswa berpersepsi buruk. Ditunjukkan dengan thitung 4,222 > ttabel 1,661 (signifikansi 5%). (2) Siswa yang memiliki persepsi baik terhadap penggunaan metode pembelajaran, memiliki prestasi belajar lebih tinggi daripada siswa berpersepsi buruk. Ditunjukkan denganthitung 5,693 > ttabel 1,661 (signifikansi 5%). Berarti, persepsi siswa tentang penggunaan media dan metode pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.

 

Kata kunci : penggunaan media, metode pembelajaran, dan prestasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.