IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DALAM MATA PELAJARAN PERAWATAN PERBAIKAN MEKANIK OTOMOTIF (PPMO) TEKNOLOGI SEPEDA MOTOR

Khoirul Anwar,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan implementasi model Pembelajaran Generatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran PPMO di SMK PIRI Sleman; (2) Mengetahui pelaksanaan implementasi model pembelajaran generatif dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran PPMO di SMK PIRI Sleman.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SM B SMK PIRI Sleman. Jenis penelitian ini termasuk dalam PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang langkahnya sebagai berikut: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi dan; 4) refleksi. Pengambilan data penelitian melalui observasi, tes tertulis, dan angket dengan instrumen penelitian berupa: 1) lembar observasi; 2) soal pretest-postest dan; 3) lembar angket. Adapun teknik analisis data untuk instrumen lembar observasi dan lembar angket menggunakan rumus persentase, sedangkan untuk instrumen soal tes menggunakan rumus gain score ternormalisasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Generatif dalam pembelajaran PPMO dapat 100% terlaksana. Penerapan model Pembelajaran Generatif dalam pembelajaran PPMO dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa. Hal ini berdasarkan perolehan rerata gain score ternormalisasi siswa sebesar 0,44 (kategori sedang), serta persentase rerata hasil belajar siswa siswa sebesar 70,00 dan ketercapaian KKM 77,78% dan hasil pemahaman siswa sebesar 80,56. Selain itu, siswa memberikan respon sangat positif terhadap penerapan model Pembelajaran Generatif dalam pembelajaran PPMO. Hal ini berdasarkan persentase hasil angket sebesar 94,44% siswa merespon sangat positif dan 5,56% siswa merespon positif.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Generatif, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar Siswa, Gain Score Ternormalisasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.