PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN PADA KURIKULUM 2013

Indra Mardi Yanto,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 2 Pengasih dan membandingkan dengan penilaian autentik Kurikulum 2013. Subjek penelitian ini adalah guru. Penelitian dilakukan melalui tahap observasi, wawancara dan pengisian angket. Angket berisi pertanyaan-pertanyaan tentang penilaian yang meliputi: (1) persiapan (2) waktu dan cara, (3) aspek penilaian dan (4) tindaklanjut penilaian. Teknis analisis data dilakukan dengan menghitung persentase data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran Gambar Teknik yang dilakukan guru sesuai dengan penilaian Kurikulum 2013. Berdasarkan penelitian diperoleh data (1) persiapan penilaian sebesar 93,33% termasuk kategori sangat baik, (2) waktu dan cara penilaian sebesar 82,5% termasuk kategori baik, (3) aspek penilaian sebesar 89% termasuk kategori sangat baik, (4) tindaklanjut penilaian sebesar 100% termasuk kategori sangat baik. Dari data keseluruhan diperoleh nilai rata-rata sebesar 91,30% sehingga pelaksanaan penilaian yang dilakukan oleh guru termasuk kategori sangat baik.

 

Kata Kunci : Penilaian Auntentik, Kurikulum 2013.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.