PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN LISTRIK OTOMOTIF KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Lalu Muhamad Ary Madya,

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang terdiri dari empat fase di setiap siklusnya yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi. subyek penelitian siswa kelas XI TKR 3 di SMK Negeri 3 Yogyakarta berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data kemampuan kognitif dilakukan melalui tes yang berupa tes pilihan ganda dan essay. Sedangkan aktivitas belajar siswa melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa. data hasil belajar siswa dianalisis dengan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui ketercapaian nilai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif guided note taking dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pra tindakan diperoleh 3 (10.71%) siswa mencapai KKM, pada siklus I diperoleh 18 (64.29%) siswa mencapai KKM dan pada siklus II diperoleh 25 (86.21%) siswa mencapai KKM. Aktivitas belajar siswa pra tindakan diperoleh presentase sebesar 59.08%. Siklus I diperoleh 70.04% sementara siklus II diperoleh presentase sebesar 83.98%.

 

Kata kunci: Guided Note Taking, Hasil Belajar, Sistem Starter

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.