PENERAPAN PRINSIP KERJA RINGKAS, RAPI, RESIK, RAWAT, RAJIN (5R) PADA BENGKEL PRAKTIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF

Rizki Anjarsari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan prinsip kerja ringkas, rapi, resik, rawat, rajin (5R) dalam pembelajaran praktik dan pengelolaan bengkel pada Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Sedayu (2) mendeskripsikan kendala pelaksanaan prinsip kerja 5R dalam pembelajaran dan pengelolaan bengkel pada Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Sedayu (3) mendeskripsikan upaya mengatasi kendala pelaksanaan prinsip kerja 5R dalam pembelajaran praktik dan pengelolaan bengkel pada Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Sedayu. Penerapan prinsip ini mengacu pada metode penelitian deskriptif kualitatif berdasarkan model penelitian Miles dan Huberman dengan aktivitasnya yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan prinsip kerja 5R dalam pembelajaran praktik mencakup kegiatan siswa sebelum kegiatan praktik, saat kegiatan praktik dan setelah kegiatan praktik oleh siswa dan guru sedangkan dalam pengelolaan bengkel mencakup kegiatan pemeliharaan alat praktik dan ruang praktik oleh teknisi, ketua jurusan dan kepala bengkel; (2) kendala yang dialami dalam pembelajaran praktik yaitu kurangnya pengawasan guru saat kegiatan praktik siswa, sedangkan dalam pengelolaan bengkel yaitu kurangnya koordinasi antar pihak dan pengawasan yang ketat terhadap pelaksanaannya; (3) upaya untuk mengatasi kendala yaitu dengan melakukan pengawasan terhadap siswa saat kegiatan praktik dan koordinasi antara teknisi, ketua jurusan dan kepala bengkel yang baik dan terus menerus.

Kata kunci: prinsip kerja ringkas, rapi, resik, rawat, rajin (5R)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.